-->

√ Tutorial HDD Sentinel Untuk Cek Kondisi Hardisk Dengan Lengkap Dan Mudah

Tutorial HDD Sentinel Untuk Cek Kondisi Hardisk - Aplikasi HDD Sentinel yang satu ini merupakan salah satu software terbaik yang akan membantu anda untuk menganalisis dengan teliti dan akurat semua hal yang terjadi dengan harddisk anda. 

Banyak sudah para teknisi PC/laptop yang mengandalkan tool ini sebagai patokan untuk menguji kelayakan sebuah hardisk laptop atau PC sebagai dasar untuk membeli atau menjualnya kembali pada user. 

Masih layak atau tidakkah hardisk tersebut dan untuk pengujian masa berlaku hardisk dengan memantau menggunakan aplikasi Hardisk Sentinel ini.
                                   Tutorial-HDD-Sentinel-Untuk-Cek-Kondisi-Hardisk 
Seperti kita tahu harddisk merupakan salah satu hardware yang paling vital di komputer kita, semua data penting kita tersimpan di harddisk. 

Anda tidak mau bukan jika tiba-tiba harddisk anda mengalami kerusakan yang menyebabkan semua data penting anda hilang begitu saja. 

Baca juga: Memperbaiki Sendiri Masalah Komputer Yang Tidak Mau Menyala | Komputer Mati Total

Download HDD Sentinel

Anda dapat memonitor kesehatan harddisk anda secara realtime. Anda juga dapat melakukan pengecekan harddisk anda. Apakah harddisk anda masih layak untuk digunakan atau sudah mengalami kerusakan di beberapa sektor. 

Anda yang ingin membeli harddisk bekas juga dapat menggunakan aplikasi Hard Disk Sentinel ini untuk mengecek kelayakan harddisk yang anda beli tersebut.

Hard Disk Sentinel Professional (HDSentinel) adalah sebuah HDD / SSD pemantauan dan analisis aplikasi. 

Tujuan dari aplikasi ini di buat adalah untuk menemukan, menguji, mendiagnosa dan memperbaiki masalah hard disk, laporan dan menampilkan kesehatan SSD dan HDD, degradasi kinerja dan kegagalan. 

Hard Disk Sentinel memberikan deskripsi tekstual yang lengkap, tips dan menampilkan / melaporkan informasi paling komprehensif tentang hard disk dan disk solid state di dalam komputer.

Selain itu di kandang eksternal (USB / e-SATA), berbagai peringatan dan pilihan laporan yang tersedia untuk memastikan keamanan maksimum data berharga.

Download Hardisk Sentinel

Baca juga: Cara mengatasi Laptop/Komputer lemot dan penyebabnya

Fitur Lengkap HDD Sentinel
 
Berikut ini adalah fitur dari aplikasi Hard Disk Sentinel yang bisa anda jadikan patokan untuk menggunakannya:
  • Easy to use interface (Mudah digunakan): Kontrol Cepat navigasi yang mudah untuk mengakses semua hard disk, partisi dan informasi yang berbeda. Elemen antarmuka pengguna intuitif yang menampilkan informasi dengan menggunakan warna hijau / kuning / merah. Teks deskripsi rinci dan bantuan sensitif konteks untuk memandu pengguna melalui fitur dan pilihan.
  • Disk Management (Manajemen Disk): Kontrol Power tingkat Manajemen Deferred Dan menyesuaikan sensitivitas Pengendalian hard disk untuk memaksimalkan kinerja hard disk dan keamanan data.
  • Backup: Wide menggunakan metoda backup otomatis yang Tersedia: untuk data cadangan di gedung kantor Lokal, LAN server atau client server Google maka Artikel baru mampu mentransfer berkas kecadangan FTP. Hal inisial menggunakan Alat pihak Ke-3 untuk membuat Arsip atau memburning media CD / DVD. Hard Disk Sentinel Professional dapat membuat primer protokol Status Daya bahasa dari dalam Jaringan, sehingga memungkinkan untuk secara otomatis menyalakan dan mematikan remote computer, misalnya sebagai server cadangan.
  • Hard Disk Hardware and Software Tests (Disk Hardware keras dan Pengujian Perangkat Lunak): Dengan menggunakan Hard Disk Sentinel, untuk memulai tes hardware disk. Tes ini dapat digunakan secara efektif untuk menemukan semua masalah hard disk karena built-in metode perangkat keras yang digunakan untuk memverifikasi komponen hard disk (misalnya, servo, buffer internal). Uji Extended memverifikasi disk secara lengkap, menemukan dan perbaikan semua bidang lemah & mengalokasikan bad sector.
  • Alert (Tanda): Hard Disk Sentinel memiliki berbagai peringatan atas masalah yang berbeda. dapat mengirim e-mail, SMS gateway (SMS peringatan ke ponsel), pesan jaringan, memainkan alert suara dan sebagainya. Hal ini dapat menjalankan berbagai tugas (backup otomatis atau aplikasi eksternal).
  • Logging: Hard Disk Sentinel log degradasi di semua parameter SMART dan masalah peringatan untuk memaksimalkan perlindungan data. Sebagai contoh, jika sektor yang buruk baru ditemukan pada hard disk maka akan secara otomatis diberitahu.
  • Remote Monitoring (Remote Monitoring): Hard Disk Sentinel Professional menawarkan kemampuan yang Luas dalam pemantauan jarak jauh. Status Hard disk dapat diperiksa lewat Google atau Web Browser, bahkan lewat ponsel atau PDA Lainnya ..
  • Partisi Hard Disk: Menampilkan partisi untuk setiap hard disk dan penggunaan tentang informasi sehingga tidak akan kehabisan ruang. Hard Disk Sentinel mengirimkan informasi ini secara otomatis dalam peringatan / pesan status..
  • Instan S.M.A.R.T. analisa (Instan SMART METODE): Serial ATA, SCSI dan sebagian besar USB HDD SSD dan dalam mendeteksi status dan suhu. Status disk akan segera ditampilkan hasilnya, Aplikasi ini menampilkan suhu secara Maksimum dan untuk semua hard disk. Untuk pengguna tingkat lanjut, * Semua data yang ditampilkan juga termasuk performa dan kesalahan. Hard Disk Sentinel menafsirkan kinerja yang terkait di masa mendatang dan menampilkan Kinerja yang dihitung dalam Inventaris Kesehatan...
  • Seek Noise Test (Carilah Uji Kebisingan): Test untuk memverifikasi kebisingan hard disk, mencari kinerja waktu dan suhu. Tes dapat digunakan sebagai tes dalam atau secara intensif untuk sistem disk yang berguna untuk memverifikasi jika pendinginan tambahan diperlukan.
  • Enhanced Disk Tests (Tes Disk ditingkatkan): Test untuk memverifikasi permukaan hard disk dengan metode pengujian disk yang intensif untuk mengungkapkan dan memperbaiki masalah disk. Permukaan ulang reinitialisation semua sektor yang menyatakan default pabrik. Tes destruktif  dan non-destruktif  tersedia untuk menyegarkan kembali kondisi dari setiap hard disk, solid state disk  atau bahkan pen drive atau kartu memori.
  • Hard Disk Details (Rincian Hard Disk): Mendeteksi dan menampilkan setiap informasi mengenai hard disk, dari angka revisi dan ukuran buffer untuk semua fitur.
  • HDD status in Windows Explorer (HDD status dalam di Windows Explorer): Melihat status kesehatan dengan menggunakan ruang di Windows Explorer atau di aplikasi lain, sehingga akan selalu mengetahui jumlah ruang yang digunakan untuk setiap partisi dan kondisi disk...
  • Acoustic Management (Manajemen akustik): Menawarkan pilihan untuk mengontrol tingkat akustik IDE / S-ATA hard disk. untuk meningkatkan kinerja atau membuat disk lebih halus. mengontrol tingkat akustik disk eksternal USB drive (jika USB dilengkapi dengan USB-ATA bridge chip)..
Baca juga: Cara memperbaiki Hardisk Menggunakan HDD Low Level Format Terbaru

Cara Cek Hard Disk Dengan HDD Sentinel

Harddisk, bisa di bilang merupakan salah satu komponen yang juga rentan rusak pada komputer, meskipun secara fisik terlihat kokoh.

Hal tersebut di sebabkan karena komponen bagian di dalamnya sangat sensitif. Bahkan goncangan sekalipun bisa merusak hard disk. Apalagi kalau sampai terbanting.

Berikut ini sedikit akan saya jelaskan tutorial bagaimana cara menggunakan Hard Disk Sentinel pada PC atau Laptop yang kita gunakan untuk analisa kesehatan Hard disk tersebut.

Langkah Langkah:

1. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mempunyai Software HDD Sentinel tersebut pad PC/Laptop anda. Download HDD Sentinel pada link di atas tadi yang sudah saya sediakan.

2. Jika download sudah selesai lanjutkan dengan menginstal HDD Sentinel di Laptop anda sampai dengan selesai.

3. Selanjutnya buka HDD Sentinel dan akan ada tampilan utama HDD Sentinel. Anda sudah bisa melihat kesehatan harddisk lewat 2 bar yang di tampilkan, yaitu Health dan Performance.
tampilan-utama-HDD-Sentinel
4. Sekarang pindah dari tab Overview ke tab S.M.A.R.T. Di tab ini, terdapat informasi secara mendetail dari harddisk yang anda gunakan.
Tab-Overview
5. Pada harddisk yang masih sehat, status yang tertera akan di tandai dengan tanda ceklis hijau. Jika hardidisk mulai rusak, di tandai dengan tanda seru kuning.
Sedangkan kalau rusak, di tandai dengan warna merah.

Memonitor Temperature Hard Disk

1. Untuk dapat memonitor suhu Hard Disk dengan menggunakan HDD Sentinel ini caranya klik pada Menu Temperature

2. Temperatur normal harddisk, ada di kisaran 40 derajat celcius ke atas (untuk suhu ruangan).
Monitor-Temperature-Hard-Disk
3. Untuk optimalnya, di rekomendasikan agar senantiasa menjaga suhu di bawah 40 Derajat celcius. Semakin dingin semakin maka akan semakin baik dan bagus.

Mengetahui Kondisi Hard Disk

Pentingnya untuk mengetahui kondisi Hard Disk apakah masih sehat atau rusak ini banyak di gunaka oleh para teknisi PC/Laptop pada saat membeli Hdd yang bekas.

Maka dari itu jika anda ingin membeli atau menjual Hard Disk PC/Laptop anda sebaiknya cek dulu kesehatanya. Apakah Hard Disk masih dalam kondisi baik atau kah buruk.

Di bawah ini akan saya jelaskan bagaiman langkah langkah cara melakukan Surface Test dengan menggunakan Hdd Sentinel.

1. Buka menu Disk (bagian atas). 

2. Klik Surface Test.
Surface-Test
3. Lakukan tes di mode Read (Non descruvtive).

4. Selanjutnya tunggu saja prosesnya sampai selesai. Nanti, anda dapat melihat kondisi kesehatan pada harddisk, apakah ada bad sector atau tidak.


Demikian tadi beberapa contoh atau bahasan tentang software Hard Disk Sentinel untuk mengecek kelayakan hardisk dan cara menggunakannya. 

Terima kasih untuk yang sudah berkunjung ke Blog Bekha Tekno ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kita semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel